Lebaran, mudik, my sweet Grandma

Menjelang lebaran, orang rumah pada sibuk. Dari beli baju, celana, sandal, sampe cangcut sama beha.
Ini udah tradisi, mereka belanja gede-gedean hanya satu kali dalem setahun, yaitu saat menjelang lebaran.
Merasa kurang sibuk, mereka (termasuk gue) selalu nyiapin makanan untuk lebaran. Dari beli kue, bikin kue, sampe nungguin tetangga ngasih kue.

...............

Dimulai dari beli kue,



Karena gue laki-laki satu-satunya di rumah, pasti selalu dijadiin pembantu.
Dari anter jemput, nungguin belanja, angkut-angkut yang berat sampe suruh megangin cangcut sama beha kalo lagi beli pakaian dalem. Gue sih seneng megangin BH! (jujur)

Untuk masalah kue hidangan lebaran, itu juga sendiri-sendiri.
Biasanya Nyokap, Nenek, beserta Bibi-bibi membeli kue untuk keperluan mereka masing-masing.
Saat tamu Nyokap dateng, maka Nyokap ngeluarin kue yang dibelinya.
Saat temen-temen Bibi gue dateng, maka kue dia lah yang dikeluarin.
Saat tamu Nenek dateng, biasanya Nenek ngambilin kue Bibi, gue, dan Nyokap untuk dikeluarin.. ya, itulah sebabnya kue nenek paling lama habis ketimbang yang lain.
Dan akhirnya, kita-kitalah (gue,nyokap,bibi) yang ngembatin isi kaleng-kaleng kuenya Nenek, sampe akhirnya dia sadar dan..

“ngambek.. minta ganti! -_-“

..........................


Lalu bikin kue,
Seperti tahun-tahun sebelumnya, kita-kita selalu bikin nastar dan biji ketapang.
Gue selalu pengen bikin biji ketapang bulet-bulet segede jempol, tapi gak boleh!
Alesan nyokap gak ngijinin.. “susah dimakan dan boros tempat!” dan “setiap tahun bikin ketapang pasti alot (tetangga bilang “kue batu”)!”.

Dan akhirnya gue coba nghasut nyokap untuk mempercantik kue nastar yang akan kita buat.. dengan menambahkan manik-manik (chocolate kecil) diatasnya,
Nyokap setuju.. hasilnya bagus dan semua orang suka! :D


Gue sendiri lebih suka mandangin nastarnya dari pada makanin.

 … ?

??

Kok mirip Tete?!! “ada pentilnya!”


Kalo polos… .. . “kaya Pantat! -_-“

.....................


Nungguin tetangga ngasih kue,

Biasanya, tiap tahun tetangga tetangga ngirim kue hasil bikinannya ke rumah, dan kita pun ngasih kue hasil bikinan ke tetangga-tetangga (dengan harapan “akan dibarter”).. kalo gak dibarter juga gak apa-apa, berarti tetangga yang ini gak ada toleransi!.

Namun kalau kue bikinan habis.. kita akan ngirim kue hasil beli di warung.. biasanya yang rada murah, kalo yang mahal.. sayang! Mending buat di rumah.


…………………



“Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar..
LaailaahaillallaaahuAllahu akbar..
Allahu akbar walillahilham..”

Gema takbir berkumandang, ini hari idul fitri.
Hari dimana senyuman sangat murah didapat dan menjadi moment yang pas untuk meminta maaf tanpa merasa bersalah.
“ya! Cukup menjulurkan tangan lalu pura-pura sedih sedikit, dan mengucap “map”! perasaan ini rada Plong! (tanpa dosa)”

Gue harap, Idul Fitri akan berulang seminggu sekali! Aaamin.


Salam-salaman ke sanak saudara dan tetangga-tetangga.
Banyak sisi senang yang gue dapet dan banyak juga sisi tidak senang berkepanjangan (dompet bocor gara-gara salam tempel).
Kenapa harus ada tradisi salam tempel? (Walaupun jarang banget baca, perasaan di Al-Quran gak ada aturannya!)
Dan walaupun waktu kecil gue setuju, katakakan kurangsetuju”TIDAK” untuk sekarang!


………………………..


Lebaran hari kedua,

Rumah saudara-saudara yang deket udah disatronin, tinggal saudara-saudara yang di kampung (subang,purwakarta,bandung,jogja).

Tiba-tiba Mamang (adeknya nyokap) ngajakin mudik naik motor, iring-iringan sama saudara-saudara yang lain, rutenya ;
Jakarta – Purwakarta - Bandung “main ke Sari ater (Ciater)” - Subang.

Gak lama, Nyokap nimbrung ngobrol ngomongin sejarah Buyut-buyut yang udah gugur.

“Gue ikut deh ya!”
Tiba-tiba Nenek minta ikut.

“Naik motor loh, Nek! Capek !”
Gue memperjelas.

“Gapapaaa, gue ikut… !“
Dia jawab selow.

{Mungkin nenek pengen nyekar makam Bonyoknya (buyut) [gue, dalem hati]}

“Nanti main ke Ciater kan, mandi air anget!?.. belum pernah tuh kesono!”
Dia minta kejelasan.

“kalo gak, emang kenapa?”
Gue nanya kalem

“ya gak jadi iikut!”

Ya Allah.. -_-“ gue fikir dia mau nyekar!
Dasar!

Okem!


…………..



Siangnya gue dan nenek berangkat!
Nunggu rombongan di daerah MM, Bekasi.

02:47pm, Bekasi.


Setelah rombongan dateng, hujan deres.. tapi gak mematahkan semangat perjuangan nenek-nenek ini.
BERANGKAAAATTT!!!

wussshh!!!....

sepanjang perjalanan, gue dan nenek ngobrol.

nenek     : "ini udah sampe mana, Man?"

Gue    : "baru di karawang, Nek!"

nenek    : "man! denger gak sih?" (mungkin karena di jalan, jadi suara samar-samar kebawa angin)

gue    : "iyaa.. baru di karawang" (mengencangkan suara sedikit, biar nenek denger)

nenek    : "YAAAAH.. GAK DENGER DIA!" (dengan suara lebih kenceng)

gue    : "SITU YANG BUDEG!!!" (makin kenceng!)

biar deh gak nyambung-gak nyambung selama perjalanan, intinya gue bisa denger suara dia.. itupun sudah interaksi (ngobrol) meredam kantuk.

nenek mempunyai masalah dengan kupingnya sejak 3 tahun yang lalu, tapi dia demen banget ngobrol.
kalo dia gak denger, lawannya yang disalahin..."KENCENGAN KEK!!!"
untungnya yang ngobrol sama dia, selalu ngertiin dan nurut..

"NGOMONG LEBIH KENCEEENGGG!!!"

………..

Sampai cikarang, cuaca cerah.
Rombongan menepi untuk lepas mantel.


gak lama setelah lepas mantel, kita menepi ke sebuah masjid untuk buang air kecil dan Sholat.

(pipis dulu baru sholat).

Masjid Nurul Huda - CIkarang


"kenapa gak di qodho aja Mbah?"
gue nanya, pelan.

"Mbah-Nek-Mbah-Nek! manggil yang bener sih!.. 
orang banyak masjid kok di-qodho!?
kecuali gak ada masjid  gak ada air buat wudhu, baru deh diqodho!....blablabla .."
dia nyerocos panjang. gak gue ladenin.. takut makin panjang.

Selesai sholat, langsung ngelanjutin perjalanan dengan tenang.
“pelan-pelan saja!” kata nenek.

.......................

Manayasa - Purwakarta.
Sudah hampir sampai.


untungnya nenek gue rada narsis! jadi gampang minta poto!

 Alhamdulillah, Sampai rumah dengan selamat!
Gak lama.. azan magrib,

kemudian, Bule deketin nenek... ("kucluk-kucluk!")

Bule : “Bu, mau shalat dulu apa makan dulu?”

Nenek : “terserah sih... tanya Aman aja dulu!” (Aman = nama pangilan gue)

Gue : ….
(loh kok tanya gue?. (dalem hati) )

Nenek : “makan aja dulu deh.. mending!”

Gue : “loh kok makan dulu, Mbah? Bukannya bagusan sholat dulu baru makan?!” (sedikit berbisik)

Nenek : “Gak apa-apa! ...
kalo orang makan, inget solat.. berarti masih beriman!,
Kalo orang solat, ingetnya makan..
KAGAK beriman !”



“ …………. ? -_- “ 

dapet dari mana dia "jokes" kaya gini! ???

9 komentar:

*runrunphii

wuih ! nenek lu metal abis ya ? xD~
oiaaaa .. minta salam tempeeeeeeeeeeeeeeel ! *nadah*

Daman kadar

dia mah bukan metal! (tapi rese!) :D

hah?? situ kan sudah besar! :))

Anafaiimewz

hahaa,, punya nenek gaul abis.

Daman kadar

gaul? ahaha..

gaulnya sedikit kolotnya banyak dia mah! :D

Anafaiimewz

kan nmanya juga gaulnya versi nenek2..
hahaa...

Daman kadar

wehehehe.... :D

iyadeh.. nanti digauli aja nenek ini :p

ucigwulandari

nenek metal :D
wkakakak

Daman kadar

ahahaha.... nenek gue gitu! (bangga) -_-

Anonim

*NUMPANG PROMO, yach...
Kesempatan emas utk para pengguna TELKOMSEL dan pecinta FACEBOOK, utk mendapatkan SEPUASNYA tanpa batas semua langsung dari handphone kamu. GAMPANG! cukup ketik REG FB kirim ke 9789 (khusus pengguna telkomsel, yach..) Anda akan mendapatkan info2 penting tentang trik2 membuat facebook (upload foto,status, comment, dll..) ato gmn cara bergabung situs jejaringan sosial lain. Ayo ooo jgn sampe ketinggalan update2 info lainny..

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip blog :

 

@Twitter :

 

Teman :

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger