Me vs Mom (idealisme)

minggu 5 september, jam 10 pagi.

seperti rutinitas bulan Ramadhan, rutinitas menyambut hari kemenangan (Idul fitri),
orang-orang sibuk belanja kesana kemari. Termasuk nyokap (dan gue)!

nyokap minta diantar ke Trade Mall - koja (Mall baru yang menggusur pasar koja).
dengan gaya (sok) anak muda, dia mau jual-beli "mas putih".
katanya, "Bosen ini-ini terus!".
setau gue, dia baru ganti (jual-terus-beli) Mas 2 hari yang lalu.

berangkatlah gue ke Trade Mall. (Mall yang lebih tepat disebut "RAMAYANA")


dan.. lu tau lah orang priuk wataknya gimana.
walaupun Mall ini sudah menyediakan area parkir lebih dari cukup, tapi Reman-reman (Preman) koja, gak mau ketinggalan "numpang Niris rejeki".
mereka membuat area parkir sendiri di depan pintu masuk mall, gak peduli mau macet apa enggak!
polisi-pun pura-pura buta, pura-pura budek sama masalah ini!

biarlah! kita gak boleh suudzon!
"mungkin saja polisi sudah dapet jatahnya dari Preman-reman itu!" (tetep gak boleh suudzon!).

lalu.. gue parkir di area basement.
najong! bau tinja di parkiran!
mungkin ada saluran T*i yang bocor!
atau mungkin ada petugas parkir yang E'e sembarangan??
nyokap celingak-celinguk, nyari-nyari sumber baunya dari mana, gak ketemu!

"Man, dimana sih bau E'e nya?", tanya Dia.

gak penting banget, sumpah!!!

---

kami masuk,
langsung nyari toko emas langganan nyokap, toko "TJANTIK"!

"loh kok gak ada sih man, apa masih tutup ya?" ,
merasa gak menemukan tokonya di lokasi biasa.

"biasanya disitu-tuh!"
sambil nunjuk-nunjuk toko Beha-sempak.

"sejak kapan toko 'TJANTIK' ganti nama jadi toko 'Innerbeauty'?"
gue bergumam dalem hati, tetep ga mau ngomong.

akhirnya gue nemu toko TJANTIK, ada di sebrang.
jauh banget sama lokasi yang ditunjuk nyokap.

"oh iyaaaa.. disini!" , dia polos.

hmmmm... ini yang buat gue males pergi sama nyokap,
niatnya cuma beli emas.. tapi dia udah beli cancut sama beha di toko "innerbeauty" tadi,
dengan persaingan tawar menawar yang melelahkan bagi yang nyaksiin.

jurus ampuh nyokap tawar-menawar di semua toko ;

{ "udah si Bang, sama langganan ini.. masa' dimahalin".
dengan wajah sok imut, atau kadang sampe pengen nangis meronta-ronta
"udah si Bang.. udah si Bang.. udah si Bang.." :'( }

kalo nyokap beraksi, gue ngejauh.. pura-pura sibuk dan gak liat.
bukannya malu, tapi kadang nyokap suka memanfaatkan anaknya ;

"ini loh Bang, anak saya yang sering beli disini!" , ngarang!!!

---

selesai tuker emas, nyokap nawarin ;
"Aman gak mau beli baju?"

"gak bawa duit" , gue kalem

"pake duit mama", dia senyum.. "di rumah ganti, tapi!"

"embuhhh!!!" gausah dijelasin, gue udah hatam kebiasaan nyokap.

setelah muter-muter, gak ada satupun barang yang buat gue tertarik.
akhirnya pulang.

---------

saat perjalanan pulang, nyokap cerita ke gue.
15 tahun lebih setahun.. Dia gak pernah masuk PA-UL (pasar uler), padahal deket rumah!
mungkin ini salah Grandma dan Grandpa yang gak pernah ngajak nyokap jalan-jalan.. jadi kuper gini! kasian!  (nyokap sedih!).

akhirnya, gue berangkat ke PA-UL! (untuk membahagiakan nyokap tentu saja!).



Pasar Ular.

pasar dimana barang-barang KW1 KW2 sampe KW3 dari top brand.
artis-artis yang doyan ke pasar kadang suka terlihat di sana.
sesekali gue pernah ketemu Jaja Miharja sama istrinya belanja di sana.

"inget loh! Jaja Miharja! bukan Jasa Raharjaaaa!!!"


PAUL rame banget!
kaya ngantri sembako murah di tipi-tipi!

"padet melesek mendedel!", kata nyokap.




gak mau lama-lama, takut nyokap pingsan terus keinjek-injek entar modar
(percis antri Sembako murah di tv)..
gue langsung nemu toko, langsung beli disitu.

"beliiii... belii jeaaans",  niru suara anak kecil beli permen di warung.
lalu masuk lah kami ke itu kios, mulai memilah-milih..
gue gak suka jeans ada tulisan merk gede-gede, atau apalah itu yang menurut gue "norak".
jadi nyari yang polos-polos aja, dan kadang emang lebih murah dari yang "norak"!

"berapa ni Bang?", gue tanya.

"itu 135 rebu!", dia simpel.

"80 lah!", gue cepet.

"itu gak kurang dari 100 rebu!", dia juga cepet.

"yaudah 100!" gue simpel.

"yaudah deh buat adek aja, yang laen mah gak semurah ini!", Abang nya ngebungkus.

tuhkan, gue paling cepet kalo tawar-menawar.. entah emang jago, atau saking hebatnya!.

kita pergi dari kios itu, lalu nyokap ngedumel.
"lu bego amat sih, Man?"

"kenapa Ma?"

"itu mah bisa dapet 65 ribu!" kekeuh dia.

"lah? kenapa gak Emak aja yang nawar, tadi?"

"Gue pikir lu bisa nawar!" ketus dia, merasa anaknya gak punya bakat sama sekali.

akhirnya dia jalan duluan, membelah kerumunan orang yang berjalan desak-desakan.

tiba-tiba nyokap berenti di tukang jualan Kaos kaki, lalu memilah-milih.
disana ada tulisan;
di bawah ----> 10 ribu 3! (untuk kaos kaki yang tipis-tipis)
di tengah ----> 10 ribu! (untuk yang lumayan tebel)
di atas ----> 15 Ribu! (untuk yang lumayan bagus)

setelah seleksi agak lama.. nyokap ngambil 2, yang di atas!

"ini dua, 5 ribu ya Pak!"
mulai menawar dengan wajah (sok) manisnya.

si Bapak ketus, "GAK PERNAH KE PASAR YA BU?"!!!. (gue kaget!)

"NAAAAJISSSSSSS!" kata nyokap, fasih!. (gue lebih kaget!) ini suatu penghinaan buat dia.

"yauDAAHH!" si Bapak, acuh! (gue malu!)

"yauDAAAAAAAAAAHH" nyokap pergi sambil ngedumel kecil, "aki-aki aaajah!"

nyokap gak sadar kalo banyak orang yang ngeliatin dia,
dan gue males ngintilin di belakang.. Tengsin!
itu akan ngebuat gue jadi sasaran kedua, object malu-maluin.
tunggu sampe agak jauh, baru gue ngintilin! dan bergegas pulang. :')

-----

saat orang lebih mempertahankan prinsipnya, dia akan teguh menghadapi lawan tandingnya.
(itu nyokap!)
jika tidak maka tidak, jika iya maka iya!

lalu saat orang lebih menuruti keinginannya, dia akan terbuai mengikuti apa yang lawannya mau.
(ini gue)
jika ingin, maka harus!.
berapapun harga yang harus ditukar.

4 komentar:

Anafaiimewz

nice
hoho

Daman kadar

terimakasih ^_^

*runrunphii

nama tokonya TJANTIK ato nama tokonya CANTIK tapi lu samarin ?

Daman kadar

enggak! itu asli
emang nama tokonya "TJANTIK" liat aja di TradeMall :D

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip blog :

 

@Twitter :

 

Teman :

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger