Persiapan Tidak Lulus UN

Sedikit mengantisipasi kemungkinan ‘tidak lulus’ sebaiknya kita membuat beberapa list rencana kedepan penanggulangan bencana tersebut. Bukan hal yang mustahil untuk kita tidak lulus, bahkan kemungkinan kita tidak lulus itu sangat besar. Buktinya standart kelulusan tahun ini adalah 5,5. Berarti kemungkinan awal ‘tidak lulus’ adalah ‘55%’. Apa kalian yakin diantara 10 soal kalian bisa menjawab 6 soal dengan benar?, ditambah pengaruh membulatkan lingkaran jawaban yang rada sulit berpengaruh buruk ‘5%’, kehitaman pensil yang buruk ‘5%’, dan…. “BYAARRR!!!” persentase tidak lulus adalah 65% !. sedangkan lulus hanya 35% (kalo lancar).

Sudah siap gak lulus?

Okey, kalian harus siap. Dalam hal ini gue jago memberi semangat kesiapan mental para ‘calon siswa tidak lulus’. Bukan jahat, tapi setiap ujian harus ada hasil. ‘lulus atau T I D A K  L U L U S’. Itu memang kenyataan yang harus ditelen bulet-bulet.

Banyak dari kalian berdoa, “Semoga Lulus”, “Semoga Lulus”, barusan saya check di Facebook. Sebenernya dari dulu saya pengen bilang;
“Berdoa tuh di Masjid! Bukan di facebook!”
“Emangnya Malaikat mainan Facebook? !!!!”.
Gak guna juga kaliiiii, kalo gak lulus mah GAK LULUS AJAAAA!

Apa enaknya sih lulus sekolah? Gue rasa kalian berfikir pendek dengan kegembiraan. Tapi apa kalian sadar, lulus sekolah juga menyebabkan kalian kehilangan teman seperjuangan. Gak akan ada lagi temen kalian yang kaya dia, dia, dan dia. Udahlah gak usah lulus aja semua, karena kalian bakal nyesel kehilangan moment-moment indah saat lulus kelak.

Gak semua orang pinter bisa lulus, terbukti di tahun kemarin ; seorang siswa juara FISIKA yang sudah diberi beasiswa universitas ternama divonis tidak lulus di pelajaran Matematika.
Itu yang juara FISIKA, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Kalo mereka yang pinter aja bisa gak lulus, bagaimana dengan yang sedang, apalagi yang bodoh, apalagi yang tolol, terlebih yang idiot. Cuma Tuhan yang bisa nolong, gue bantu lewat semangat hidup biar cepet bunuh diri kalo gak lulus nanti.

Semangat teman, gak lulus bukan berarti gak ada masa depan. Yang lulus belum tentu kaya duluan, kita harus yakin sama rencana Tuhan. Tuhan maha adil, kalo kita males-malesan waktu sekolah kemarin, gak lulus adalah harga damai. Jangan salahin siapa-siapa, kesempatan kejar paket C masih banyak. Kalian boleh legaaa… gak lulus UN gak diusir Tuhan dari bumi.

Apa yang bakal orang tua kalian lakuin kalo gak lulus, semua temen gue pernah gue tanyain. Ada yang santai menjawab “namanya juga sekolah, wajar lah gak lulus, Man”, ada juga yang bilang;
“bisa Mati gue digebugin bokap, dicekek nyokap!, dimusuhin tetangga-tetangga”,
Sampe sekarang temen gue yang bilang kayak gini gak kedengeran kabarnya, entah kenapa. karena ketakutan dia bener.. DIA GAK LULUS pada saat itu!.

~ ~ ~

Ada beberapa list (profesi) jalan keluar kalo kita gak lulus kelak, ini gue kumpulin dari temen-temen  2 bulan sebelum UN diselenggarakan, rata-rata masukannya memang bagus dan masuk diakal, gak neko-neko dan pasti jadi.

  1. Jadi tukang ojek
Dari pada bermuram durja karena gak lulus dan jadi pengangguran dirumah, hal pertama yang bisa dilakkukan untuk usaha sendiri menyambung hidup dan gak bergantung terus sama orang tua adalah ngojek. Buat yang udah punya motor, tinggal ngetem di perempatan dan menawarkan jasa ojek. “ojek bang?, ojek Mba?, ojek Tante?” . Lumayaaaan, dengan bensin 2 liter.. dulu gue bisa dapetin duit 50 ribu. Buat yang gak punya motor, masih ada kok tempat penyewaan ojek motor, becak, maupun ojek sepeda di berbagai tempat dengan tarif relatif murah.. Intinya, kalo mau usaha pasti ada jalan.

  1. Berjualan
Jualan gak mesti modal gede, cukup dari usaha kecil-kecilan jual gorangan di depan rumah, minta modal dikit sama orang tua, 50 ribu juga jadi. Atau buat kalian yang berparas cakep-cakep kayak gue.. jual diri pasti laku keras. Yang penting halal dan gak ngerugiin orang lain.

  1. Ngamen/ngemis
Gak perlu malu untuk hidup, gak perlu malu punya muka jelek, kita bisa jual suara, kalo suara juga jelek, kita bisa jual belas kasihan, cukup dandan gembel dan meronta-ronta dijalan, jadi. Zaman sekarang apa aja bisa diduitin. Tai juga kalo dikasih kecap bisa dijual.

  1. Niris
Mungkin gak banyak yang tau tentang ‘niris’, orang Priuk pasti tau. Niris adalah pekerjaan nyulik minyak dari mobil-mobil pertamina yang lewat di jalan raya, setiap ada mobil isi ulang BBM Pertamina di jalan.. maka tukang tiris berlarian mengejar dan membuka katup pengisian dan menadahnya pakai plastik/ember. Taruhannya nyawa, tapi sekali lagi.. “ajal ditangan Tuhan”, jadi jangan takut mati, takutlah kalu Tuhan menghendaki kalian mati.

Mungkin segitu aja dulu postingan jalan keluar buat mereka yang gak lulus kelak, sebenernya ada 100 tips, tapi segini saja deh, lu pikir nulis kagak pegel!.

ingat, LULUS itu tidak mudah!. ‘GAK LULUS’  GAMPANG BANGET!. Jadi pilih yang mana? Yang mudah atau yang gampang?
pasti yang gampang dooooong..


Selamat berjuang, Teman.
Semoga kalian tidak lulus, jadi postingan gue ada manfaatnya !.

Terima kasih,

Wassalam.

8 komentar:

*runrunphii

sungguh posting yang sangat super bangke sekali.. :))

Daman kadar

andai semua siswa berfikir jauh ya, Mpud.
pasti gue dapet nobel 'motivator terbaik'.

*runrunphii

motivator TERBALIK kali maksut lu man? *arak daman keliling kampung mangga*

akoe Mayen!e goecie

untung sajja saya sudah dinobatkan "LULUS" . . .

Daman kadar

@mpud : kok tau kampung gue mpud? kenal pray juga?

@yeni : untung saya juga, ya.

IMa Nirwana

haha, kayak nya bo'ong bgt pasti smua orang kan pingin nya lulus. bisa naik ke level berikutnya... ^__^

Daman kadar

itu kan orang biasa, kau harus jadi yang luar biasa.

B4n6s4t

gw kurang setuju sama yg ngemis itu bro.. wkwk
mending jadi kuli dr pada ngemis.. hehe

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip blog :

 

@Twitter :

 

Teman :

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger