Gue, Emak Gue, dan Emaknya Emak gue (si okem)


Terkisahlah kami bertiga, penghuni rumah ini sendirian. Yang lainnya sudah pisah rumah sejak diculik suaminya, punya anak, punya mertua dan berkeluarga. Tinggallah kami sendirian (bertiga) di sebuah rumah kecil di dalam gang sempit, gang sempit se-sempit-sempitnya, kucing pun harus jalan berdiri miring untuk masuk. Ini rumahnya para dewa, sinyal ‘3 (three)’ tidak ada sama sekali, sinyal IM3 lumayan (hancur), dan TELKOMSHEL agak mendingan. Yaiyalah, TELKOMSHEL dilaaaawan. (promosi. Semoga orang TELKOMSHEL baca dan tersentuh);

 “Dasar operator GILA!!! Lu pikir gue banyak duit, apa!?". 

"KAGAK!!!"

"KIRA-KIRA DONG KALO MASANG TARIF!” .

Okey, kita bukan mau ngomongin Operator seluler sih sebenernya, tapi kalo inget-inget emang kurang ajar tuh TELKOMSHEL. Dulu, beli kartu perdana aja 50.000. Itu yang paling murah! (DULU 50.000 bisa buat beli BB). Andai dulu gak gue beliin perdana. Yaudah lah, lagian Handphone apaan tuh BB! Sok banget gahul!!! Gaya-gayaan!.

Terus.. ngetikin apa lagi ya? Masih pengen buat dosa, ini tangan.

oiya, semalem pas nunggu hujan, akhirnya gue ke warnet, mau kirim mention ke @dewapetir, “hujannya disudahi dulu, Om! Gak tau apa baru pulang kerja, biasanya tau! Lupa ya? Biasa aja dong lu jadi dewa!”. 

..........
Tiba-tiba pas ngechek facebook.............
{( maaf, beberapa kalimat sebelumnya saya hapus karena terjadi kesalahan saya pribadi. Terimakasih )}

{*okey, itu HAK siapa saja untuk memblock siapa saja. Toh, Facebook dan twitter tidak melarang.} #sadar.

Yaudahlaah yaaaaaa, balik ke topik. 

‘pantat ditusuk, depannya berdiri. Yuuuk mariii’ #pantunbanci

Terkisahlah kami bertiga, penghuni rumah ini sendirian. Ada gue, nyokap, dan Emaknya nyokap gue. Sepi senyap, tapi kami memang tidak suka kegaduhan, buktinya kalo ada anak kecil main di teras rumah, kami bertiga langsung Adzan magrib, 

“WOY pergi gak lo! Main yang jauh sana! Berisik!”.

Kami memang keluarga yang kompak, Neneklah pentolannya. She’s the Leader.

Sabtu ini kami ingin bermalas-malasan bertiga, tak ada acara masak, nyuci baju besok saja, kalau ada tamu “bilang saja orangnya gak ada!”, kalau ada bingkisan, ambil saja selama tak minta ongkos kirim. kalau ada cewe bohay yang nyari gue, “suruh langsung ke kamar aja”. #pintu gak dikunci

Jam 09.30 pagi. Matahari mulai sok imut dengan panasnya.
Dari pagi TV gue setel tanpa suara dan menyalakan Radio yang percis disampingnya. Di atas sofa panjang, nenek bangun tidur dan menonton TV yang terlanjur nyala, remotenya gue umpetin di belakang TV, mengetes kepekaan kuping nenek yang hanya berfungsi dengan baik kalo denger kata ‘duit’ dan ‘Amira’. 

Selang beberapa menit………
Ternyata bener, dia tetep nonton dan tertawa sendiri seperti biasa, “he he he he” begitu bunyinya, rata. Gue juga kurang faham, TV atau Radionya yang lucu.
Selera humor yang tinggi.
Itu sebelum dia sadar harus mematikan 2 alat elektronik sesudahnya. Dan teriak ;

“AMAAAAAAN… MANA REMOT TIPIIIIII?!!!”

“DI BELAKANG TIPIIIII !”

seru gue, yang sedang nunggu moment ini di kamar.

Selang 5 detik,

“KENAPA LU NYALAIN RADIO, INIIIII?!!”
dia mulai marah.

“BIAR TIPINYA ISTIRAHAT NGOMONG, NEK. KEPANASAN DARI TADI PAGIIII !”.


“OHH.. YAUDAH, GUA MATIIIN YAAA!”

“YAUDAH, MATIIN AJA!”

sumpah, nenek polos banget masalah elektronik, dan dia bener-bener percaya kalo Radio yang gue setel itu untuk membantu TV yang capek berbicara.
Subhanallah.

~ ~ ~

Akhirnya gue keluar kamar, berpapasan sama nyokap yang bergegas ke kamar mandi untuk wudhu, sepertinya terburu-buru. Nenek pun ngintilin nyokap dari belakang ke arah kamar mandi, sepertinya mau ikut-ikutan aktivitas nyokap. Gue pun tergoda untuk ikut-ikutan wudhu, tapi gak jadi solat, cuma ikut wudhu aja.

nyokap sholat di kamar tengah, depan lemari kecil, gue tidur-tiduran di kasur sampingnya. Gak lama nenekpun masuk untuk sholat, percis didepan kami. Sebenernya gue bimbang mau sholat apa enggak, tapi yaudahlah.. sunnah ini, gak dosa kalo gak mau juga.. daripada dipaksa dan gak ikhlas, malah gak dapet pahala.

Nyokap pun selesai sholat dan doa-doa sebentar, lalu menoleh ke gue dan berbisik;
“kamu gak sholat, Man?”

“Lagi dapet, Ma”
balas bisik.

“ohh.. yaudah”
dia udah faham maksud gue apa. Lalu cuek.

………….

 Tunggu! Kayanya ada yang salah sama nenek, berkali-kali iya menambah rakaat, mungkin terlalu rajin ibadah. Biasanya, orang tua yang sudah diatas tua, jadi rajin ibadah dengan sendirinya, ini masuk logika.. mereka sudah tau batas usia rata-rata dan berlomba-lomba memborong pahala selagi sempat.

Akhirnya, nenek selesai sholat dan membereskan mukenanya. Gue pun nanya;
“Nek, berapa rakaat tadi?”

“4 rakaat doang, lagi males sholat sunnah”
dia jawab simpel

“Lah, emang tadi sholat apa?”
bingung,

“zuhur.”
dia  jawab, tanpa dosa.

Subhanallaaaaaaaaaaaaaah, ternyata dia gak tau kalo ini belom zuhur. Baru jam 10.00 kurang, 

“BARUSAN NYOKAP CUMA SHOLAT  Dhuha, NeNeeeEEEEk. Masih pagi iniiiiiii”
gue coba ngelurusin..

“Lah kenapa gak bilang dari awal sih?!”

“Lah? Kok? Kenapa Nenek gak bilang mau sholat apa?”
gue gak mau kalah omongan kali ini.

“Lah, tadinya gua juga mau sholat duha.. gak tau ko jadi Zuhur”
ngeles ala nenek-nenek. Kemudia ketawa datar, “he he he”.-_-)!

Gue tinggal pergi deh, susah banget menjatuhkan lawan bicara macem nenek. Gak pernah bisa SKAKMAT.. dia  s e l a l u  benar dan (ditakutkan) ujung-ujungnya nanti malah gue yang dilecehin ;

“Dari pada elu, gak solat!”. 

Lah gue mau bales apa, coba?

~ ~ ~

Okey, ternyata bener dugaan gue.. ‘my nenek yang paling gahul itu, yang ngobrolnya sama anak abege getoh, dan paling jago nyela’ ternyata zuhur ini gak sholat lagi…..
yaudahlah yaaa…,

barusan gue tanya, dan (bener) gue kena semprot..

“KAN TADI UDAAAAH!!! PIKUN LU!!!”

Nyesel gue hari ini banyak nanya.

yuk tidur………….


{Februari, 2011}

13 komentar:

ola

intinya apa tulisan ini yaa?
binguuung...

Daman kadar

intinya, 'bingung'.

bingung itu lagi trend, olaaa

ayuhary

bisa di fotocopy gak nenek lu biar jadi 2 man?

Daman kadar

kalo foto copy gak ada warnanya, di scan aja pake scan-an yang super panas! :D #gakJahatKan?!

ayuhary

oh iyayaa, yaudah deeh pesen 2 yaa satu fotocopy-an yg satu nya d scan yaa..gak pke cabe sama kecap manis.. #GakJahatDongTapiKejam!

Daman kadar

boleh boleh...
semuanya 4 triliun.

ayuhary

kira-kira doong maan, udah tua ini #Uppss hahah
kurangin harganya

aduh mau nanya tapi lupa itu diates apaan-_-"

Daman kadar

diates apaan? #baliknanya

ayuhary

kan misalnya nih buka blog lu pas dinamanya tuh ada foto lu itu gmn cara ganti yg (B) itu jadi foto kita
ngerti gaak?

Daman kadar

kemaren udah saya jawab :) terimakasih, tanya lagi dong :D

ayuhary

masalahnya gue gak ngerti nih man?coba jelasin secara ala lu gitu,kali aja gue ngerti.. <--- ini udah ditanya kan,ayoo jawab

Daman kadar

oke nanti ya, kalo chat

ayuhary

chat apaan?
ym bisa. kalo fb gue udah gak online lagi-_-"
d pake hary

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip blog :

 

@Twitter :

 

Teman :

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger