Mencari Bakat

Seperti kata-kata bijak dari timur;
”Setiap diri kita ini mempunyai misi, tugas kita adalah menemukan dan menjalaninya.”

Sadar nggak atas bakat yang kalian milikin?

Mungkin kebanyakan orang masih bingung atas bakat yang nempel pada dirinya. Tapi nggak apa-apa, suatu saat bakat itu akan keluar dengan otomatis, tugas kita disini adalah menyadari dan mendukung apa yang menjadi bakat kita sendiri setelah ditemukan nanti.

Bagaimana kalo kita nggak sadar sama bakat kita sendiri?

Okey, mungkin banyak juga yang nggak sadar atas bakatnya. Tapi, kalian semua pasti punya temen yang kenal deket kalian, kan? tanya deh ke dia, 'Bakat gue itu apa sih?'. Dan saat kalian tau jawabannya, janganlah sekali-kali mengelak. Misalkan bakat kalian adalah 'mencuri', maka... jadilah pencuri yang baik. Misalkan bakat kalian 'judi', maka... jadilah The God of Gembler. Misalkan bakat kalian adalah (maaf) SEX, maka.............................. ---jadilah Profesional!


Bakat, minat, dan percaya diri.

Setelah kita tahu bakat kita apa (minimal, menebak-nebak), maka dukunglah bakat itu, asah lagi biar tajem, jadilah masternya, jangan sia-siain bakat yang udah Tuhan kasih ke kita.

Buat yang belum tahu bakatnya apa, atau bingung 'emangnya gue punya bakat, apa?'. Nggak perlu cemas, dengan minat yang tinggi, kita bisa melakukan apapun yang kita mau. Contohnya gue; walaupun gue nggak bakat ngitung, gue bisa tuh kuliah di Jurusan SIPIL. walaupun IP terakhir dapetnya 0,47 (no offens!). ---Akhirnya gue pindah jurusan ke Arsitek yang belom tentu juga gue bakat gambar. Okey, gue percaya bakat itu nomor 2, yang penting usaha, dan alhasil.. so far so good.

Dan buat yang nggak tau bakatnya apa, dan minatnya apa, mending ambil proyek bunuh diri aja! dari situ kalian akan tau, apa-apa yang kalian suka dan apa-apa yang kalian mampu. Proyek bunuh diri disini maksudnya... ngelamar kerja asal-asalan, banyakin aktifitas apa aja walaupun kalian nggak tau dan nggak paham. Intinya, percaya diri aja, segala sesuatu itu bisa dilakuin, nggak perlu takut nggak-bisa dan jadi looser selamanya. Karena, sebener-benernya pecundang adalah mereka yang nggak berani mencoba.

Banyak yang bilang; "Apa yang kita pikirkan adalah apa yang akan terjadi". That's right, ini emang sugesti belaka. Tapi, lu coba deh, ini ajaib!. Suggesti adalah  makanan lezat setiap harinya dimana orang seperti Mario Teguh dibayar mahal hanya untuk mensuggest pikiran positif dari klien-kliennya. Be positive and confidence, semua ada jalannya.

Sampe disini, kita bahas sedikit kisah dari JK Rowling.
Siapa sih yang nggak tau buku 'Harry Potter'? Buku yang terjual 8,9 juta kopi dalam satu malam di Amerika dan Inggris saja. Dulunya, JK Rowling (Penulis Harry Potter) cuma berkerja sebagai pelayan toko, hidupnya susah karena pendapatannya yang pas-pasan. Nggak ada yang nyangka, (gue juga nggak nyangka), kalo dia jago dongeng. ---Setiap malam dia dongengin anaknya, yang kemudian oleh anaknya diceritain lagi ke temen-temennya yang fanatik sama cerita itu. Nggak disangka, (gue juga nggak nyangka!) Darisanalah muncul motivasinya menulis buku fiksi 'Harry Potter' yang akhirnya sukses luar biasa di pasaran, sehingga menjadikannya wanita nomor 2 terkaya di Inggris. Kalah kaya hanya dengan Ratu Elizabeth. Bener-bener OKB sukses.

Dari cerita si JK Rowling di atas, gue dapet wangsit sedikit;
'Penting banget untuk kita tahu 'bakat dan kemampuan kita itu apa?', karena seperti yang pernah gue baca di buku; "setiap orang pastilah punya bakat. Pasti!". Mungkin, kita masih mencari-cari dan berfikir dalam-dalam 'apakah itu bakat atau bukan', 'apakah kita menyukai bakat itu atau tidak'. Tapi, satu yang pasti; 

'Semua orang bisa melakukan apa saja yang mereka mau, namun yang berbakat bisa melakukannya lebih baik'.

Untunglah, JK Rowling menemukan bakatnya sebelum terlambat. Andai saja JK Rowling adalah peminder-peminder yang gak percaya diri, mungkin dia masih jualan di Toko dan kita nggak bakal tau, apa itu 'Harry Potter'.

*** 

Ketika minat bertemu dengan bakat lalu dilapisi dengan percaya diri, gak ada yang bisa nghalangin kalian untuk jadi sukses. Kalo pun ada halangannya... ya, pinter-pinter sendiri aja ngatasinnya. Semua ada jalannya.


”Setiap diri kita ini mempunyai misi, tugas kita adalah menemukan dan menjalaninya.”









"Sekarang, tau, kan, bakat gue apa?!"

"Be Professional!"

12 komentar:

evi

Het -..- itu kenapa potonya? Eh? Bakat lo ternyata? *.....*

*hening*

Muahahahha :))

Rachmat Fudholy

ya allah... daman... #pingsan

Daman kadar

apapun bakat yang seseorang milikin, baiknya ya didukung saja :p (terima aja deh, bakat gue yang manis itu-_-)

akoe Mayen!e goecie

Yg sebelah kanan imuttt dech . . .

Daman kadar

yang kanan yang kanan yang kanan???

feebby

sumpah demi langit & bumi, panas & dingin Lo unyu!! cute abis... terharu liatnya :3

ucig wulandari

man *hening seketika*

Daman kadar

Febby. :# ada 2 kemungkinan. unyu (menjijikan) dan unyu (menggemaskan). choose one for me! -_-)

eh Ucig. *tetep hening*

feebby

itu pilihan yg sangat sulit, aku tidaaaak bisa memilih :")

Daman kadar

wanita macam apa kau!-_-)?

Anonim

bakatnya daman mempermainkan wanita (weits jgn mengelak) krna biasanya org lain lbih tau apa bkt anda... so.... "Be Professional!"

Daman kadar

-_-) fitnaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah!

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip blog :

 

@Twitter :

 

Teman :

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger