Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2011

Jum'at ini, Kita semua merayakan hari 'Sumpah Pemuda' yang ke-83 sejak dicetuskan pada tahun 1928. Peringatan 'Sumpah Pemuda' tidak dirayakan besar-besaran di daerah gue, sehingga kesannya hanya perayaan biasa. Pun tidak jadi tanggal merah, sehingga tanggal ini kurang di kenal oleh anak SD.

Contohnya, ketika tadi pagi gue ketemu Nisa (sepupu gue kelas 5 SD); --- "Nisa, hari ini tanggal berapa?"

"28 Oktober, Mas!", dia menjawab cepet.

Gue pun nanya, "Pernah diajarin nggak, kalo tanggal 28 Oktober itu hari apa?".

"Ini hari Jum'at, Mas Aman. Kenapa?"

... "Bagus!"

Nggak ada yang salah dari jawaban Nisa, karena satu-satunya hari nasional yang paling dia inget adalah 17 Agustus. Itupun karena ada nyanyiannya.

Lalu, perlukah 'Sumpah Pemuda' dimeriahkan seperti 17 Agustus?

Menurut gue, ini adalah momen yang baik dimana semangat nasionalisme anak-anak muda bisa ditingkatin lagi. Karena di lingkungan gue sendiri, semangat nasionalisme itu gak tergambar sama sekali. Disini gampang banget terjadi tawuran, baik yang anak sekolah, ataupun warga-warga kampung yang berkubu. Dan setiap gue denger ada yang bacain 'Sumpah Pemuda', yang ada cuma rasa pingin nyeletuk-nyeletuk. "Hellooowwww, sumpah itu sakral, kalee!".

Apapun yang terjadi di lingkungan gue, itu cuma sebagian kecil gambaran dari Indonesia. Dan pastilah di daerah lainnya penerapan Sumpah Pemuda yang bener juga ada. Dan buat hari ini, semoga semangat nasionalisme bisa hidup lagi seperti dahulu ketika dibuat. Sayang banget kalo cuma jadi hari biasa dan cuma sebagai pengenang cerita sumpahnya pemuda-pemuda jaman dulu.


***


Kita, pemuda-pemuda jaman sekarang, harusnya lebih kreatif dari anak-anak muda jaman dulu. Kalo mereka aja bisa bersumpah dengan teguh, kenapa kita enggak?. Kalo mereka aja bisa bersatu, kenapa kita enggak?.

Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928;
"Pertama 
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia".


Itulah kutipan kata-kata sumpah pemuda yang dirumuskan oleh Moehammad Yamin pada saat itu. Dan tanpa mengurangi rasa hormat gue kepada Sumpah Pemuda, hari ini gue juga mau ngerumusin sumpah pemuda 2011.


Sumpah Anak Muda;
- Kami anak muda Indonesia bersumpah; 'Membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan biar bersih'.
- Kami anak muda Indonesia bersumpah; 'Mematuhi peraturan lalu-lintas dan jangan ditilang'.
- Kami anak muda Indonesia bersumpah; 'Menghormati orang tua dan anti NARKOBA'.



Sumpah Perjaka;

- Kami Perjaka-perjaka Indonesia bersumpah; 'Menjunjung tinggi keperjakaan untuk Istri kami'.
- Kami Perjaka-perjaka Indonesia bersumpah; 'Menghormati perempuan dan menjunjung tinggi keperawanan'.
- Kami Perjaka-perjaka Indonesia bersumpah; 'Tidak akan memperkosa perempuan, apalagi di angkot'.



Sumpah Gadis;
- Kami Gadis-gadis Indonesia bersumpah; 'Menjunjung tinggi keperawanan, anti hamil di luar nikah'.
- Kami Gadis-gadis Indonesia bersumpah; 'Boleh patah hati tapi tidak bunuh diri'.
- Kami Gadis-gadis Indonesia bersumpah; 'Tidak naik angkot kosong, sendirian, malam-malam'.



Sumpah Mahasiswa;

- Kami Mahasiswa Indonesia bersumpah; 'Dapet IPK diatas 3, InsyaAllah'.
- Kami Mahasiswa Indonesia bersumpah; 'Lulus 4 tahun, InsyaAllah'.
- Kami MAHA'SISA Indonesia bersumpah; 'tidak boleh iri dengan yang sudah lulus'.



Sumpah Ababil;
- Kami Ababil-ababil Indonesia bersumpah; 'Tidak ngomongin kejelekan orang di facebook, di twitter, atau di blog'.
- Kami Ababil-ababil Indonesia bersumpah; 'Tidak mengumbar caci dan maki asal-asalan'.
- Kami Ababil-ababil Indonesia bersumpah; 'Tidak akan nyampah di TL cuma karena pengen keliatan galau'.



Chummpah AL4y;
- Qhamy AL4y-AL4y IeNdHOnechia BeRRRChOemPah; 'Akooh, K4mooh, QhitA, T3teP K4ya GyNich CeL4MaNyAh.
- Qhamy AL4y-AL4y IeNdHOnechia BeRRRChOemPah; 'Qyt4 gK BoyEh B3ub4h CeL4MaNyAh.
- Qhamy AL4y-AL4y IeNdHOnechia BeRRRChOemPah; 'Akooh ChuyUnk qmUH CeL4MaNyAh. CemUngUdh!


***


Yah, begitulah. Anak muda jaman sekarang emang beraneka ragam. Tapi untunglah bangsa kita berslogankan "Bhineka Tunggal Ika", (berbeda-beda tapi tetep satu jua). Dan kita memang harus menghormati keberagaman dan menganggap itu sebagai salah satu keindahan.

"Kita bangsa Indonesia, bertumpah darah satu, tanah Indonesia. Berbangsa satu, bangsa Indonesia. Dan berbahasa satu, bahasa Indonesia".


Selamat hari Sumpah Pemuda, wahai Pemuda!

Pulau Lancang - 2010

2 komentar:

mata

kalau facebook'nya sudah bertuliskan 'beranda dan diding' itu baru sumpah pemuda. kan berbahasa satu bahasa indonesia :)

salam

Daman kadar

waduh, waktu jaman dulu belum dipikirkan tentang pasar global, sih. yang dirumuskan cuma penyatuan bahasa-bahasa daerah untuk bersatu jadi bahasa indonesia. Kalo sekarang, mau gak mau, jangankan facebook yang buatan luar. Kaskus yg milik Indonesia pun punya pilihan bahasanya. ya itu tadi sebabnya. Pasar global.

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip blog :

 

@Twitter :

 

Teman :

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger