Laki-laki Adalah Pengemudi (Surat Untukmu)

Di sekeliling kita sudah banyak yang begitu, semoga kita tidak. Ya, kita saling sepakat untuk tidak begitu, kamu jaga dirimu, aku jaga diriku. Atau kita balik saja, aku jaga dirimu, kamu jaga diriku? Tapi itu tak cocok, lebih baik yang pertama saja.

Di luar sana, banyak laki-laki yang tak bertanggung jawab, mungkin saja nanti aku pun salah satunya. Tapi sebelum itu terjadi, aku ingin mencegahnya. Ya, mencegah hanya bisa dilakukan sebelum semuanya terjadi, oleh karena itu aku sedang menjadi laki-laki yang berusaha mencegah keburukanku sendiri.
Aku pernah bilang, kamu pernah dengar, yang kataku "Wanita akan jadi baik tergantung lelakinya baik atau tidak", Ya, menurutku banyak wanita baik-baik jadi rusak karena ulah kaumku (kaum laki-laki). Dan kamu tidak setuju dengan pendapatku, lalu bilang "Kalau wanita baik, akan tetap bisa jadi baik, kan dia bisa jaga diri". Tapi itu pendapatmu tahun lalu, sekarang kamu percaya apa kataku, setelah bukan ucapanku yang meyakinkanmu, melainkan orang-orang disekitar kita.

Kamu lihat sendiri, dan memberitahukannya padaku, padahal aku belum tahu... *sebagian text telah dihapus, dengan maksud tidak menyinggung siapapun*



***



Di sore hari yang cerah, kamu jadi lesu. Ya, kamu mengerti sebagai wanita, dan tidak bisa membayangkannya jika terjadi padamu, kamu jadi takut, takut bahwa kenyataannya aku adalah laki-laki yang tak pernah bilang padamu bahwa aku laki-laki yang baik.

Karena menurutku apa yang ku katakan hanya boleh kamu dengar, sedang yang harus kamu percayai adalah perbuatan.



***



Di pertigaan jalan menuju ke rumahmu, aku jatuh. Ya, jatuh dari motor mio berplat B6107UKE, motor yang sering memboncengi pantatmu maka dari itu bannya sering bocor. Tapi bukan itu penyebab jatuhku, bukan pula keadaan sekitar yang membuatku terjatuh. Tapi aku sendiri. Aku jatuh karena ngantuk.

Menurutku ini sama saja. Ya, andai saja kamu yang sedang aku boncengi, dan kita sedang dalam perjalanan, maka aku yang memegang stir, kamu peneman saja, agar aku tak sendiri. Lalu kamu mulai mengerti, jika aku pengemudi yang tidak baik, maka kamu akan dalam bahaya, kamu akan jatuh kapan saja, lalu kamu berdoa "Ya Tuhan, semoga si Daman tidak ngantuk". Lalu aku mendengar doamu, dan aku percaya bahwa Tuhan menitipkan kamu untuk ku jaga, untuk ku kendarai selamat sampai tujuan. Dan kamu memberikan kepercayaan padaku, dengan keyakinan aku orang yang bisa dipercaya.

Ya, aku percaya, untuk melindungimu dari keburukan, aku harus menjaga diriku dari keburukanku sendiri. Karena yang paling bisa membuatmu celaka adalah aku, karena kepercayaan.



***



Di luar dari masalah percintaan, karena aku laki-laki, kamu harus mempertimbangkan ini;

Aku adalah laki-laki, dan teman-temanku juga banyak yang kelaminnya sama, persamaan kelamin bisa menyebabkan persamaan watak, namun diantara persamaan-persamaan itu, terdapat pula ketidak samaan, ini bukan dari pelajaran buku, tapi lebih karena kenyataannya setiap individu adalah pribadi yang unik.

Sudut pandang cinta antara laki-laki dan wanita itu berbeda, jika perasaan laki-laki ada di luar, maka perasaan perempuan ada di dalam.

Kamu harus benar-benar jelih, jangan sampai keliru jatuh cinta. Selektif itu perlu, pilah-pilih juga tak apa, jangan sampai terlanjur serius dengan orang yang salah. Diantara jutaan laki-laki yang kencingnya berdiri, Pasangan yang baik adalah yang jika benar cinta, ia menjagamu dari keburukan, bahkan dari dirinya sendiri.

Laki-laki adalah pengemudi, kita percaya itu, tapi kamu masih bisa minta turun dan mencari pengemudi lainnya yang mampu dipercaya sebelum celaka. Pacaran-putus-pacaran-putus  itu tak apa, setiap orang berhak menyeleksi ketat calon pendamping hidupnya kelak.






Karena selain perasaan, cinta juga membutuhkan pemikiran.

2 komentar:

marogi

Co cweet <3
Oke, Man, gua ikutin jalan lu!

Daman kadar

Siap

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip blog :

 

@Twitter :

 

Teman :

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger