Tips Membuat Pacar Setia

   Ngomongin tentang kesetiaan emang ngebosenin, karena pada dasarnya itu urusan masing-masing pribadi. Ya, nggak semua orang suka ngebahas hal yang bisa dibilang termasuk penyakit hati ini. Ketidaksetiaan.

   Kalau bicara tentang setia, dulu saya juga bukan orang yang setia. Ya, lebih baik jujur tentang kejelekan diri sendiri daripada mencitrakan yang baik namun proposal. Kesetiaan itu pada dasarnya memang hal yang baik, namun dilain-sisi-hal-yang-baik, ada juga sisi lain yang menarik, dan ini adalah godaan. Baik belum tentu menarik, menarik belum tentu baik.

   Awal proses ketidaksetiaan banyak sumbernya, mungkin buat yang sudah ngalamin tau sendiri apa saja macemnya. Berikut saya jabarkan menurut versi saya;

1. Bosen
Faktor kebosanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan hubungan. Memang sih, untuk merasa tidak bosan adalah hal yang sulit, apalagi dalam hubungan jangka panjang, pasti aja ada dimana saat-saat jenuh tentang hubungan. Inilah saat dimana dinding hubungan sedang lemah-lemahnya.

2. Kesempatan
Adanya kesempatan adalah racun tikus, jika diabaikan bisa selamat, jika diembat bisa gaswat. Kesempatan selingkuh yang digabungkan dengan bosen terhadap hubungan sudah merupakan ramuan mujarab untuk bisa seleweng. Maka, banyak orang yang menjadikan kesempatan sebagai alasan untuk berkata bosan.

3. Serangan dari luar
Dalam sebuah hubungan, bukan hal yang mustahil kalau ada orang lain yang ingin hubungan itu hancur atau kandas di tengah jalan, entah karena memang tidak suka, atau juga bisa karena suka salah-satunya. Hubungan yang sudah mempunyai haters (pembenci) agak sulit untuk dijalani, ibarat hubungan kalian kapal laut, maka haters bak badai yang suka menerjang, menghantam dari depan, samping kanan, samping kiri, belakang, atau membuat bocor dari bawah. Banyak-banyak meminta maaf dan meminta ridho lah kepada semua orang.

4. Mencari yang lebih
Dari ketiga alasan diatas, yang nomer 4 ini paling cilaka, sudah sangat kronis. Ketika seseorang mengharapkan hal yang lebih pada hubungannya, lalu tak menemukan, maka ia cendrung untuk menemukannya di lain tempat. Ya, pada dasarnya ketika ada sebuah kalimat "Kamu terlalu baik untuk saya" adalah makna lain dari "kamu tidak lebih baik dari yang saya ingin". Sedih memang, dan saya tau rasanya gimana.

   Ya, setia itu bukan sebutan untuk orang yang menjalin hubungan tanpa cobaan, jika ke-4 hal diatas belum terjadi sama sama seseorang, maka wajar saja iya bertahan (belum sah menyandang orang yang setia). Namun, jika ke-4 hal diatas sedang dialami dan seseorang memilih untuk bertahan, itu baru setia yang sesungguhnya. Jadi, wajar saja kalau orang ganteng/cantik sulit diajak setia, karena sesungguhnya cobaan mereka lebih berat.

***

   Tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya, pepatah sih bilang begitu. Nah, kalau penyakit serong memang belum bisa disembuhkan oleh obat di apotek manapun, kadang saya suka iseng nanya ke tukang jamu deket rumah,

"Mbak, mau jamu dong!",

"Jamu apa, Mas?"

"Jamu anti serong"

"Banyak-banyak ibadah, Mas!" 

Malah kena ceramah berkepanjangan.

   Jika selingkuh sudah ada obatnya, mungkin dokter cinta pun tutup praktek. Ya, mungkin ada pepatah lain yang bisa kita sambung-sambungin aja; "Mencegah lebih baik daripada nggak punya obat". Walaupun selingkuh belum ada obatnya, namun kita masih bisa melakukan pencegahan. Bagaimana pencegahannya? Mari kita racik bersama.

   Ada sebab - ada akibat, jika penyebab seseorang selingkuh adalah 4 faktor diatas, maka untuk mencegahnya adalah mencegah 4 faktor itu terjadi;

1. Jangan bosan
Jangan biarkan diri anda dan pasangan merasa bosan, jika memang sudah jenuh dengan hal-hal yang biasa, maka buatlah ketidak biasaan. Jika pacaran selama ini di dalem rumah - maka cobalah di dalam hutan, Jika malem minggu biasanya ngajak ngapel - cobalah ajak beribadah, jika biasanya cowok jemput cewek - maka cobalah cewek jemput cowok. Kurasa kebosanan adalah hasil pengulangan hal-hal yang monoton. Misalnya, jika tiap jam kamu ngucapin 'I love you', maka kata 'I love you'-pun adalah hal yang lama-lama akan jadi biasa, bisa jadi membosankan. Percayalah, cinta membutuhkan orang-orang kreatif untuk menjaganya terlihat menarik.

2. Jangan beri kesempatan
Kadang menstampel jidad pasangan itu perlu untuk memberi tahu bahwa seseorang ini telah dimiliki orang lain, memang sih jatuhnya mematikan pasaran, tapi barang yang sudah terbeli kan memang sepantasnya tidak ditawar orang lain.

Namun hati-hati dalam protektif, jangan terlalu mengekang dan membuatnya tak punya kebebasan. Karena, sesungguhnya kebebasan itu adalah hak segala bangsa, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan pri-kemanusiaan dan pri-keadilan.

3. Bertahan dari dalam
Jika serangan dari luar datang, maka perkuatlah jantung pertahanan. Kadangkala hubungan itu seperti sepakbola, musuh selalu mencari celah untuk membombardir, namun pertahanan yang kuat adalah berasal dari kerjasama tim.

Oke, ini agak sulit dicerna, bahkan oleh saya sendiri. jadi mungkin intinya, jika ada orang luar yang ingin hubungan kalian hancur, atau ingin merebut kekasih anda, maka bertahanlah, berdoalah, dan minta maaf lah. Sesungguhnya pertikaian itu tidak baik, dan ini kan juga masih suasana lebaran. Masa udah gede marahan, apa kata SBY? (Saya prihatin)

4. Berusaha menjadi lebih
Pada dasarnya mencari yang lebih adalah manusiawi, tidak ada seseorang yang mencintai kekurangan orang lain tanpa melihat kelebihannya. Misal, saya kurang ganteng, kurang kaya, kurang macho, kurang berwibawa, tapi mungkin pacar saya menerima kekurangan saya karena mencintai kelebihan saya. Ya, kelebihan saya adalah PD.

   Mungkin contoh lainnya banyak, tapi saya juga bingung contohnya apa. Cari sendiri ya, tolong, kan nggak melulu saya yang harus cari, mungkin ini namanya kerjasama antara penulis dan pembaca. Kadang nulis itu ada capeknya, ada jenuhnya, ada mood-moodannya, tapi apapun itu menulis itu kesenangan pribadi sebagai sarana sharing dan tukar pikiran.

   Balik lagi ke topik utama, sebenernya setia itu sulit, mungkin saya orang yang sok-sok-an nulis tips kayak gini, tapi apapun itu, saya ingin kalian tau, cowok yang dulunya nggak setia kayak saya -pun akhirnya bisa setia. Ya, karena satu resepnya...

"Setia itu mudah kalau punya pacar protektif"

***

NB: jika ada tambahan tentang tips setia yang lain menurut versi kalian bisa kita sharing di coment bawah. Terimakasih sudah ada disini, semoga bermanfaat. Kalau tidak manfaat, manfaatkanlah.

4 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip blog :

 

@Twitter :

 

Teman :

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger